Menggunakan Smartphone Android sebagai Modem di PC Berbasis Windows XP

Pernahkah kamu berada dalam situasi tidak memiliki koneksi Internet, tapi perlu mengirimkan atau mengedit data dengan segera menggunakan PC atau laptop? Berada di tempat asing dan lupa membawa modem? Hohoho Jangan resah dan gelisah teman-teman. Asalkan kamu memiliki sebuah smartphone Android, maka dilema itu bisa dipecahkan. Ya! Kamu bisa memanfaatkan ponsel Android kamu sebagai modem!

Sayangnya ada sedikit masalah, terutama jika kamu menggunakan OS Windows XP. OS ini jauh lebih sulit dalam mendeteksi berbagai driver yang ada di Android kamu, dan hasilnya, kamu akan susah terkoneksi ke internet dengan menggabungkan Android dan PC berbasis Windows XP.

Tapi jangan kuatir! Ada solusinya sehingga meskipun kamu menggunakan PC atau laptop ber-OS Windows XP, kamu bisa terkoneksi dengan mudah ke ponsel Android kamu, sehingga kamu bisa menjadikannya modem untuk mengakses Internet. Lalu, basis data apakah yang digunakan? Kamu bisa menggunakan kuota langganan Internet kamu, baik yang berupa kuota data maupun Unlimited, yang kemudian di-share ke PC atau laptop kamu. Ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Terlebih dahulu Install CD Driver

Supaya PC atau laptop kamu lebih mudah mendeteksi perangkat Android kamu, install-lah CD Driver untuk perangkat kamu. CD ini biasanya sudah disertakan tiap kali kamu membeli perangkat Android. Bila tidak ada, kamu bisa masuk ke forum khusus yang membahas tentang perangkat Android kamu untuk mendapatkannya. Bila kamu menggunakan Windows 7 atau 8, biasanya menginstall CD Driver sudah cukup untuk mengkoneksikan perangkat kamu dengan PC atau laptop.

2. Install TetherXP

Berikutnya kamu perlu menginstall sebuah driver kecil bernama TetherXP.

Download TetherXP

Bentuknya mirip notepad, tapi kamu perlu klik kanan pada file ini, lalu pilih opsi Install yang tersedia (bukan memilih Open loh)

Bila ada opsi untuk menginstall driver baru di PC, klik No, Not at this time. Klik Next.

Pilih Install from a list or specific location dan klik Next

Arahkan (dengan Browse) agar pilihan untuk menginstall driver mengarah ke tetherxp yang barusan kamu download tadi serta juga driver USB yang mendukung Android kamu. Tapi bila kamu menginstall CD Driver dengan baik, opsi ini terkadang tidak keluar dan kamu bisa langsung ke langkah selanjutnya.

3. Set perangkat Android kamu

Berikutnya kamu perlu men-set perangkat Android kamu. Klik Home lalu masuk ke Setting.

Tap pada Wireless & networks > Tethering & portable hotspot

Kemudian centang opsi USB Tethering. Ingat, sebelumnya kamu harus menggunakan langganan paket data terlebih dahulu

dan Wow Mejik! Kamu akan langsung terkoneksi dengan Internet

Dengan tips yang diberikan di atas, kamu bisa memanfaatkan perangkat Android kamu sebagai modem. Jangan minder bila kamu masih menggunakan perangkat lama berbasis Windows XP. Saya saat ini masih menggunakan Windows XP dan menikmati mencari berbagai trik agar tidak ketinggalan zaman dan memanfaatkan berbagai software dan kemudahan untuk menunjang kinerja!..
Sumber : pusatgratis

2 thoughts on “Menggunakan Smartphone Android sebagai Modem di PC Berbasis Windows XP

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s